Thursday, July 23, 2009

Mohon Doa Restu

Categories:

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Impianku untuk terbang ke luar negeri akhirnya akan segera terwujud juga, insya Allah. Aku memperoleh beasiswa ke Amerika Serikat selama setahun di University of Wyoming, Laramie. Insya Allah, aku berangkat tanggal 25 Juli 2009. Dalam postingan kali ini, aku ingin meminta doa dari teman-teman sekalian sekaligus memohon maaf barangkali ada sikap atau tutur kata yang membuat teman-teman merasa terdzalimi atau membuat hati teman-teman tak berkenan.


Sebelumnya aku ingin mengucapkan terima kasih pada teman-teman ataupun semua pihak yang telah membantuku dalam proses perolehan beasiswa ini dan persiapan pra keberangkatan. Saya coba sebutkan beberapa diantara mereka. Mohon maaf bagi yang merasa sudah memberikan bantuannya tapi belum saya cantumkan. Itu semata-mata karena keterbatasan saya dalam mengingat. Mohon dimaafkan...

Muhammad Fachrie
Terimakasih, Rie. Dirimu orang pertama yang memberikan informasi tentang adanya program beasiswa ini. Seandainya dirimu tidak memberi tahu mungkin aku takkan pernah tahu.

Orang tuaku, kakakku, dan semua sanak keluargaku
Terimakasih atas doa, restu, dan dukungannya selama ini. Semoga Allah memberikan kebaikan pada kalian, amin.

Ms Flo, Ms Ima, dan Ms Katie
Terimaksih buat para dosenku ini yang sudah merelakan waktu, pikiran, dan usahanya untuk membuatkanku surat rekomendasi.

Andy Hakiem Nasution
Terimaksih buat Mas Andy yang sudah memberikan informasi tentang kereta api dari Bandung ke Jakarta.

Teman-teman Jaringan PGA
Terimakasih bagi kakak-kakak di Jaringan PGA (maaf nick-nya lupa) yang sudah memberikan informasi tentang Jakarta, men-share software peta Jakarta dan Bandung, dan informasi tentang dimana bisa mendapatkan winter coat.

Eko Indra P., Tiyaswiyoso, Alfian Akbar G., M Rizal Alim K.
Terimaksih sudah mau mengantar aku ke Stasiun Bandung (Hall). Sungguh sangat membantu.

Fitra Bayu A.
Terimaksih sudah mau mengantar aku ke Kantor Imigrasi walaupun hujan-hujan, mengantar ke Balai Imunisasi, dan ke biro pengiriman barang. Sungguh aku merasa terbantu.

Indra Kurniawan (Tante)

Terimakasih, Nte, sudah mau meminjamkan aku motor sehingga aku bisa mengurus berbagai dokumen penting.

Herpin D.
Terimaksih buat Teh Herpin yang sudah mau repot-repot bantu aku untuk menterjemahkan ijazah SMA-ku ke dalam Bahasa Inggris.

Fakultas Informatika IT Telkom
Terimaksih untuk Pak Andrian dan semua staf/dosen di Fakultas Informatika atas dukungannya dan bantuannya dalam menerbitkan berbagai dokumen penting yang saya butuhkan.

Staf BAU
Terimaksih buat Mbak Ellen (maaf kalo penulisannya salah) dan kawan-kawan yang sudah membantu dalam menerbitkan Surat Cuti Akademik.

Laboratorium Klinik Prodia
Terimaksih buat dr. Yetti Mulyatie dan staf-staf Prodia yang sudah dibuat repot oleh aku gara-gara aku sering minta tolong dan buat janji dengan dokter.

Anisa Rakhmataya
Terimaksih baut kamu, Ya. Kamu sudah memberikan informasi tentas Rumah Sakit yang bagus di kota Bandung.

AMINEF
Terimakasih untuk AMINEF yang sudah mempromosikanku sebagai kandidat dari Indonesia pada World Learning untuk mendapatkan beasiswa Fulbright program Global Ugrad.

World Learning
Terimaksih sudah memilihku sebagai penerima beasiswa. Saya merasa menjadi orang yang sangat beruntung, karena aku sadar masih banyak mahasiswa yang jauh lebih kompeten dari aku. Jangankan di Indonesia, dalam intern IT Telkom saja sudah begitu banyak teman-teman yang memliki kompetensi jauh diatasku. Sungguh, Allah berkehendak atas segala sesuatu.

Sekali lagi aku mohon maaf bila ada pihak yang merasa memberikan bantuan namun belum saya sebutkan. Namun demikian, aku ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada semua pihak yang sudah membantuku dalam proses perolehan beasiswa ini.

Kemudian, aku mohon doa restu dari teman-teman sekalian dan semua pembaca blog-ku ini. Karena itu bisa sangat membantu ketika aku sedang merantau di negeri orang. Semoga doa teman-teman dan pembaca blog ini bisa membuat aku diberi kemudahan dan kenyamanan selama perjalanan, kemudahan dalam urusan akademik maupun non-akademik, kemudahan dalam beribadah, kemudahan dalam menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, kemudahan menuntut ilmu dan pemahaman yang baik, kemudahan dalam berkumpul dengan orang-orang shalih, kemudahan dalam bersosial dengan masyarakat setempat dan internasional, kemudahan dalam mencapai prestasi disana, kesehatan yang baik, dilimpahkan rizqi yang halal lagi baik, bertambah iman dan ketaqwaan, dan kembali ke Indonesia dengan selamat dan membawa ilmu dan pengalaman yang bisa memberikan manfaat bagi agama, bangsa, negara, dan dunia.

Aku juga mohon maaf apabila selama ini saya pernah berbuat salah ataupun sesuatu yang dzalim pada teman-teman dan semua pihak yang pernah kenal denganku. Sungguh, maaf yang yang diberikan adalah suatu yang berharga buatku.

Untuk anak IF 30-04 IT Telkom, teman-teman dari Fakultas Informatika, dan teman-teman sekampus, barangkali selama 3 tahun ini aku pernah berbuat salah, aku mohon maaf. Teman-teman dari Language Laboratory, mohon maaf bila pernah ada kesalahan yang kuperbuat. Maaf juga karena tak ada makan-makan, karena, jujur saja, aku sedang butuh dana yang cukup besar untuk keperluan ini (setidaknya untuk ukuran anak kost macam aku ini). Jadi aku berusaha ngirit. Mohon maklum, ya.

Dan semoga mereka yang pernah aku dzalimi, Allah berikan kebaikan-kebaikan yang berlimpah pada mereka sebagai ganti kedzaliman ataupun kesalahan yang pernah aku perbuat pada mereka. Semoga Allah mengampuniku.

Semoga keluarga dan teman-teman yang akan aku tinggalkan selama setahun tetap dijaga Allah, diberikan kesehatan, dan rizqi yang halalan toyibah lagi melimpah. Bagi yang masih kuliah semoga kuliahnya diberi kelancaran dan kemudahan, yang sedang mengerjakan TA/PA/Sekripsi/Thesis/Disertasi semoga diberi kemudahan dan kesuksesan, yang sedang cari kerja semoga lekas mendapat perkerjaan yang baik dan cocok, yang sudah kerja semoga diberikan prestasi dan terus dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi namun tetap amanah, yang punya usaha/perusahaan semoga usahanya berkembang pesat, yang sedang cari jodoh semoga diberikan jodoh yang shalih dan terbaik untuknya. Amin...

Semoga Allah Azza Wa jalla memperkenankan permohonanku. Rabbanaa taqabbal minnaa, innaka anta sami'ul aliim.

"...Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku,..."
[Q:S Thaahaa:25-28]

"...Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma`aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".
[Q:S Al Baqarah:286]

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

19 Response to Mohon Doa Restu

Anonymous
November 16, 2009 at 10:52 PM

maa nanya nih mas.. mas penerima beasiswa global UGRAD yang dari aminef ya? alhamdulillah mas. btw apa aja yang tips agar mendapatkan beasiswa ini? makasih. selamat berjuang

November 17, 2009 at 5:12 AM

@ Anonymous:

Hmmm... Apa ya? Gak ada tips khusus sih. Mungkin pede aja pas wawancara. Nah biar pede kudu sering latian speaking di depan umum. Kebetulan saya mantan english debater di kampus, ya biar jelek-jelek juga, 'at least' ada sedikit pede yang bisa diandalkan. Jangan lupa belajar dan berdoa. Kan ada test TOEFL-nya.

Anonymous
November 17, 2009 at 3:36 PM

assalamualaikum mas yugo. saya Raras, apakah faktor yang paling menentukan dari seleksi administratif ya mas? yang paling memiliki bobot tertinggi penilaian menurut mas apakah IPK, recomendation letter atau community involvement ya mas? hehehe... makasih loh mas.

November 18, 2009 at 12:34 AM

@ Raras:

Wa'alaykumussalam,
Wah, kurang tau ya. Tapi keknya (keknya lho) sih IPK dan community involvement. Soalnya kan dicari yang setidaknya bisa beradaptasi dengan cepat dengan perubahan lingkungan pendidikan. Nah taunya kan dari IPK. Dan juga dicari yang biasa aktif di kampus. Btw, Raras dari kampus mana ya?

Anonymous
November 18, 2009 at 6:06 PM

alhamdulillah sudah dijawab mas. raras dari kampus UII mas. insya allah kalau ada kesempatan saya mau apply juga nih mas tahun depan.. heheh.. kira2 apa yang perlu saya siapkan dari sekarang ya mas? sebelumnya raras ngucapin selamat sebagai representative ke uS ya mas. insya allah mendapatkan ilmu yang berguna untuk agama, negara dan bangsa.

November 19, 2009 at 6:37 AM

@ Raras:

1. Jaga IP mu diatas 3.00. Makin tinggi makin bagus
2. Terus tingkatkan skill Bahasa Inggrismu. Baik aktif maupun pasif. Bergabung dgn klub Bahasa Inggrismu mungkin bisa membantu. Tapi kamu harus aktif juga ya.
3. Perbanyak ibadah, amal shalih, dan tingkatkan iman dan takwa. Agar hasil apapun yang keluar, kamu tetap teguh. Kalaupun kamu berhasil, setidaknya imanmu tetap berada di dada. Karena lingkungan USA sangat berbeda. Muslim di USA adalah golongan minoritas. Aktivitas peribadahan tak semudah di Indonesia.

Anyway terimakasih buat ucapn dan doanya. ^_^

Anonymous
November 22, 2009 at 8:39 AM

@ mas yugo. makasih mas wejangnannyaaa.. salam msukses selalu. wasalam

frieka
July 8, 2010 at 2:49 PM

assalammualaikum mas yugo :)
saya mau tanya nih utk ugrad aminef ini hrs mahasiswa diatas smt5 bisa ikutan juga ga ya?

harus ada nilai toeflnya dlu blm utk persyaratan dokumen, apa nanti kita dapet tes toefl dr aminef?

hrs udh punya passport?

saya rencana ingin ikut nih utk tahun besok, doakan semoga lolos ya, lg melengkapi berbagai dokumen. bagi2 dong mas kiat2 biar lolos seleksi. :))

terima kasih mas

July 9, 2010 at 11:23 AM

#Frieka:

Wa'alaykumussalam wr.wb.

1.) Untuk UGrad, min. semester 2 dan maksimal semester 5. Bisa dicek di: http://www.yugoananda.com/2010/04/scholarship-global-ugrad.html
2.) Iya. Harus ada TOEFL. Tapi ntar kalo udah lolos di tahap tertentu bakal diminta untuk tes TOEFL lagi :)
3.) Nggak

Anonymous
August 14, 2010 at 9:20 AM

assalammualaikum mas, saya Rey. wow, stlah baca jadi terinspirasi.

di persyaratan UGRAD kan disebutkan :
. . . students who currently have completed their first semester and up to their firth semester of undergraduate study at an Indonesian university.

klo interpretasi saya firth semester means semester akhir, apa maksimal sampai semester 5 saja? butuh masukannya. terima kasih mas.

Happy Ramadhan juga!

August 14, 2010 at 11:07 AM

@ Ray:
Fifth Semester semester akhir? Maksudnya gimana? Maksud dari syarat itu adalah: Jika kamu sekarang sedang kuliah semester 2, 3, 4, atau 5 kamu boleh apply. Bila kamu masih semester 1 atau sudah semester 6, 7, dst, kamu gak bisa apply. Ya bisa sih, tapi paling ditolak, hehehe... :-D Wallahu'alam.

Ramadan Mubarak!

Anonymous
August 14, 2010 at 4:14 PM

andaikan tertulis jelas fifth semester mas pasti akan mudah dipahami, namun yg tertulis firth semester si mas, jadi masih blm paham. kebetulan semester depan akan masuk semester 7, tpi pgn apply. maka dari itu, menanyakan ke jelasannya lewat mas Yugo.

o iy mas, ini full scholarship kah? apa saja yang dicover beasiswa ini dan kalau bisa tau allowance yg diterima per bulannya berapa y? hehe, biar tambah memotivasi pembaca. wa, pasti seneng banget bisa membanggakan orang tua tanpa perlu ngerogoh kocek mereka. sukses slalu ke depannya mas . . .

August 17, 2010 at 10:20 PM

@Rey:
O iya yah, disitu emang tertulis "FIRTH". Baru nyadar saya :D Atau itu emang mistype ya?

Saya pernah dikasih ama tau staf AMINEF kalo applicant harus sudah menempuh semester 2 (it means minimal ada pada tahun kedua) dan gak boleh ada pada tahun terkahir (7 dan 8, lah kalo semester 6 gmn y?). Tujuannya supaya para grantee punya kesempatan berbagi ilmu dengan orang lain saat kembali ke tanah air. Anyway, kebanyakan universitas sedang menjalani semseter ganjil saat sesi peng-apply-an berjalan (saat itu saya semseter 5, dan berangkat setelah selesai semester 6).

Kalo udah semester 7 keknya sayang banget klo ikut program ginian. Just my personal opinion lho ya. Soalnya udah di tahun terakhir, saatnya konsen pd skripsi/TA. Lagian keknya AMINEF juga enggak mau nrima yang udah menginjak taun terakhir. Mending cari scholarship buat S2. Ya semua kembali ke Rey sih :)

Program ini full scholarship kok. Insya Allah monthly stipend-nya cukup kok. Tergantung gaya hidup juga sih...

Fitrah
June 26, 2011 at 11:52 AM

ASS
Mas saya juga sudah apply di UGRAD 2011 kemasren tpy gag lo2s
kalau bolkeh tau dulu mas mendapatkan rekomendasi dari siapa?
trus nilai ITPnya berapa?
trus yang di cantumin itu ijazah SMA aja atau SMP-SMA?
trus dlu mas ijazahnya di translate? di legalisir?
Soalnya kepsek saya di SMA kan sudah ganti jadinya di suruh minta tanda tangn kepsek yang waktu itu menjabat
Terimakasih
Mohon bantuannya

July 28, 2011 at 5:21 PM

@Fitrah:
Saya dapat rekomendasi dari dosen2 saya. Salah satunya dosen berkebangsaan USA. Dulu sih aku cuma pake ijazah SMA yang di-translate kemudian dilegalisir dan ditandangin kepsek yang sedang menjabat (kepsek yang menjabat pas saya SMA dulu sudah meninggal). Yang melegalisir ya Kepsek yg sekarang lah. Yang dulu sudah tak ada wewenang.

Anonymous
August 9, 2011 at 9:12 PM

ASS
Mau tanya mas kemaren waktu apply mas mengumpulkan datanya H- berapa dari dateline?
makasih

September 17, 2011 at 12:44 PM

@Anonymous...

Kalau gak salah, saya ngirim H-3, mungkin nyampe Jakarta H-1 :D

Anonymous
October 31, 2011 at 1:30 AM

mas ada tips buat lolos seleksi berkas?

October 31, 2011 at 9:53 PM

@Anonymous...

Isilah dengan selengkap-lengkapnya sesuai dengan yang diminta. Kalau diminta membuat essay, buatlah essay yang memilik ide yang jelas dan mengalir. Gunakan bahasa yang jujur, karena kejujuran adalah bahasa paling sederhana...

Semoga sukses...

Post a Comment

I'll be glad if you leave a comment below. But, please don't spam my blog. Any comments containing spams, porn matters, harassment, and insulting words will be deleted from Luka Angin.